Cara kerja AC split

Di bawah ini adalah proses cara kerja AC tipe split secara umum. Ini melibatkan lebih banyak aspek teknis daripada yang kami cantumkan di sini, tetapi kami mencoba membuatnya tetap sederhana agar semua orang dapat memahami konsepnya.

  1. Kumparan evapoorator akan menyerap panas di dalam ruangan dan melepaskannya ke refrigeran
  2. Refrigeran akan pindah ke kompresor
  3. Kompresor akan menekan refrigeran lebih jauh hingga membentuk cairan
  4. Cairan akan dikirim ke koil kondensor di mana ia akan bertukar panas dengan lingkungan dan membentuk gas lagi dengan kipas motor untuk menghilangkan panas.
  5. Refrigeran cair panas akan melakukan perjalanan ke katup ekspansi. Turunkan tekanan refrigeran dan dinginkan
  6. Cairan dingin bertekanan rendah akan dialirkan ke koil evaporator dan akan disalurkan keluar melalui bantuan blower udara
  7. Prosesnya akan berulang dan beredar sampai anda mematikannya
Gif ini di sini dapat menggambarkan seluruh proses secara visual.

Cara Kerja AC Split

Legenda: 1. Kompresor 2. Kipas Motor Luar Ruang 3. Kumparan Kondensor 4. Perpipaan 5. Kumparan Evaporator 6. Blower Udara Dalam Ruangan

Keuntungan dari sistem AC split

  • AC tipe split efisien dalam hal pendinginan ruangan.
  • Ini memiliki konsumsi daya yang besar dengan biaya energi yang rendah.
  • Ini memiliki lebih sedikit bagian yang dapat dengan mudah dirawat dan lebih sedikit hal resiko yang bisa salah, sehingga biaya perawatannya juga rendah dengan sistem AC seperti itu jika dirawat dengan benar.
  • Kebisingan juga rendah karena jumlah udara yang digerakkan oleh kipas kecil, sehingga tidak menimbulkan kebisingan. Ditambah kompresor dan kipas motor berada di luar.
  • Jika AC secara berkala diservis dan dirawat dengan baik, ia memiliki masa pakai yang lebih lama untuk Anda gunakan secara efisien dan dengan lebih sedikit keributan.
  • Proses pemasangan AC cepat dan mudah karena tidak memerlukan ducting seperti pada sistem AC sentral.


Kekurangan dari AC split

  • Jika Anda memiliki area yang sangat luas yang perlu didinginkan, Anda mungkin memerlukan lebih dari satu unit.
  • Ini dapat mempengaruhi tampilan rumah anda secara signifikan karena kebanyakan dari mereka memiliki kotak besar yang tergantung di luar rumah anda dengan unit kondensor eksternal dan dengan unit dalam ruangan eksternal di ruang tamu atau kamar tidur anda yang dapat anda lihat dan tidak tersembunyi.
Pemandangan tidak menyenangkan dari unit luar AC

Pengembangan AC Split Type

Sebelumnya, sistem single split hanya bisa melayani satu ruangan.

Namun dengan perkembangan terbaru ac tipe multi split dapat menggunakan sistem tunggal untuk mengcover 2 kamar, 3 kamar, 4 kamar, dan seterusnya.

Jika anda membutuhkan ukuran AC yang berbeda untuk setiap ruangan dan tidak ingin mengorbankan tampilan rumah anda dengan memasang 3 atau 4 unit outdoor di dinding anda.

Maka opsi ini adalah sesuatu yang harus anda pertimbangkan meskipun harganya jauh lebih mahal.

Pengurangan ruang atau persyaratan estetika eksterior mungkin menjadi sesuatu yang harus anda pertimbangkan atau implikasikan jika anda mempertimbangkan jenis sistem pendingin udara multi-split.

AC Multi Split

Dua merek terkemuka untuk sistem tipe multi-split ini di Indonesia adalah Daikin (VRV) dan Panasonic (VRF) . Dimana sebagian besar aplikasi digunakan di sektor komersi.l.

Kesimpulan

AC split memiliki banyak kelebihan dan sedikit kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum anda melakukan pembelian.

Penting juga untuk mengetahui seberapa efisien model akan mendinginkan ruangan anda, terutama jika anda memiliki gaya hidup aktif bersama keluarga dan anda perlu mempertahankan tingkat kenyamanan tertentu di kamar anda.

Dengan semua faktor ini dan banyak lagi, anda dapat membuat keputusan yang tepat mengenai jenis AC yang bisa anda dapatkan di Indonesia.

Jika anda memerlukan bantuan dari panuluh service untuk memasang atau memecahkan masalah pada AC tipe split anda, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui whatsapp atau telepon.

Teknisi profesional kami pasti akan membantu.





Baca juga